Mengenai Saya

Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

2. PENTINGNYA HAKI DALAM WARALABA

Apa sih pentingnya Haki dalam Waralaba? 
Waralaba merupakan pemberian  hak untuk menggunakan  dan atau memanfaatkan Hak Kekayaan Intelektual tertentu, yang dalam hal ini terwujud  dalam  bentuk  merek,  baik yang meliputi  merek  dagang maupun merek jasa, ataupun indikasi asal (indication of origin) tertentu dan  suatu  bentuk  format,  formula,  ciri  khas,  metode,  tata  cara, prosedur, sistem dan lain sebagainya yang bersifat khas yang terkait dengan,  dan  yang  tidak  dapat  dipisahkan  dari  setiap  output  atau produk yang dihasilkan dan selanjutnya dijual, diserahkan atau diperdagangkan  dengan mempergunakan  merek dagang, merek jasa atau indikasi asal tersebut di atas, yang dinamakan dengan Rahasia Dagang.
Dalam Pasal 3 butir (f) PP 42/2007 menyebutkan bahwa salah satu kriteria waralaba adalah Hak Kekayaan Intelektual yang telah terdaftar. Yang dimaksud dengan Hak Kekayaan Intelektual yang telah terdaftar  tersebut adalah Hak Kekayaan Intelektual yang terkait dengan usaha seperti merek, hak cipta, paten, dan rahasia dagang, sudah didaftarkan dan mempunyai sertifikat atau sedang dalam proses pendaftaran di instansi yang berwenang.
Dari rumusan, pengertian dan konsepsi waralaba di Indonesia tersebut di atas dapat diketahui  bahwa  dalam  pemberian waralaba senantiasa  terkait pemberian hak untuk menggunakan dan atau memanfaatkan Hak Kekayaan Intelektual tertentu. Dalam hal ini terwujud  dalam  bentuk  merek,  baik yang meliputi  merek  dagang maupun merek jasa, ataupun indikasi asal (indication of origin) tertentu dan  suatu bentuk  format, formula, ciri khas,  metode,  tata  cara, prosedur, sistem dan lain sebagainya yang bersifat khas yang terkait dengan, dan yang  tidak  dapat  dipisahkan dari  setiap output atau produk yang dihasilkan dan selanjutnya dijual, diserahkan atau diperdagangkan dengan mempergunakan  merek dagang, merek jasa atau indikasi asal tersebut di atas, yang dinamakan dengan Rahasia Dagang.  Dari kedua jenis Hak Kekayaan  Intelektual  tersebut, selalu dan senantiasa  terdapat  unsur pembeda  antara waralaba  yang satu dengan  waralaba  yang  lainnya. Unsur pembeda  tersebut  terletak dalam sifat, bentuk dan jenis Hak Kekayaan Intelektual yang diwaralabakan.
Waralaba  dalam  perspektif  Hak  Kekayaan  Intelektual  adalah suatu pemberian lisensi atau hak untuk memanfaatkan, menggunakan secara  bersama-sama  dua  jenis  Hak  Kekayaan  Intelektual  tertentu, yaitu Merek (termasuk merek dagang, merek jasa dan indikasi asal) dan Rahasia Dagang. Hak pemanfaatan dan penggunaan kedua jenis Hak Kekayaan Intelektual tersebut tidak dapat dipisahkan. Dalam hal Hak Kekayaan Intelektual yang diberikan hanyalah hak untuk menjual atau mendistribusikan produk barang atau jasa dengan menggunakan merek tertentu saja, yang tidak disertai dengan kewenangan dan atau tindakan untuk melakukan suatu hal tertentu baik dalam bentuk pengelolaan atau pengolahan lebih lanjut yang memberikan tambahan nilai pada produk barang yang dijual tersebut, maka hal yang demikian tidak jauh berbeda dari suatu bentuk pendistribusian barang. 
Dengan demikian HaKI merupakan unsur yang sangat penting dalam waralaba. Tanpa ada HaKI yang terdapat dalam waralaba maka dapat dikatakan suatu usaha bukanlah waralaba. Oleh karena itu perlindungan hukum HaKI dalam perjanjian waralaba menjadi sangat penting dalam mendukung usaha waralaba. Waralaba sebagai subsektor perdagangan memerlukan perlindungan yang memadai.


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

2 komentar:

Unknown mengatakan...

hal terpenting dalam memilih maupun akan menjalankan Business Opportunity,Franchise,atau Waralaba
bukan semata-mata terletak pada seberapa bagus produk yang akan di jual,serta seberapa besar kebutuhan pasar akan produk tersebut.
pernahkah terbayangkan tiba-tiba anda harus mengganti merek disaat business sedang berkembang pesat karena adanya tuntutan dari pihak lain atas Merek yang digunakan ?

Sedangkan untuk mendapatkan konsumen yang loyal,kita harus selalu mengedepankan innovation. namun besarnya biaya untuk menebus sebuah innovation tanpa adanya perlindungan hukum terhadap merek merupakan langkah yang sia-sia,
coba anda bayangkan berapa banyak waktu,tenaga,fikiran,bahkan uang yang terbuang demi tercapainya innovation sebuah merek.bagaimana rasanya jika merek tersebut di palsukan oleh competitors anda? Kesadaran akan pentingnya mendaftarkan merek dagang merupakan bukti nyata keseriusan anda dalam membangun sebuah business.

inilah pentingnya fungsi daftar merek,desain industri,hak cipta,serta paten.

Konsultasikan merekdagang anda segera pada www.ipindo.com konsultan HKI terdaftar.

Unknown mengatakan...

Saya belum mengerti knapa waralaba berkaitan dngn hak cipta.tolong jelaskan

Posting Komentar